wah apa iya?

Inbox Peristiwa

Kehadiran wisatawan di Guatemala untuk menghadiri pesta “Akhir Dunia” telah merusak candi batu kuno di Tikal, sebuah situs arkeologis terbesar dan pusat urban peradaban Maya.

“Sayangnya, banyak wisatawan memanjat Candi II dan menyebabkan kerusakan,” kata Osvaldo Gomez, penasihat teknis situs yang berlokasi sekitar 550 kilometer utara Guatemala City.

“Kami sebenarnya mengizinkan perayaan itu, namun (wisatawan) harus lebih sadar karena ini adalah situs warisan dunia (dari UNESCO),” kata dia kepada media lokal. Gomez tidak mengungkapkan secara spesifik apa yang dilakukan para turis tersebut, meskipun dia mengatakan bahwa memanjat tangga di situs adalah tindakan terlarang dan mengindikasikan akibat kerusakan itu tidak bisa diperbaiki.

Candi II, dengan tinggi sekitar 38 meter dan menghadap pusat plaza Tikal, dikenal mempunyai struktur terbaik di situs itu. Jumat lalu menandai akhir dari sebuah era yang bertahan selama 5.200 tahun menurut kalender Maya “Long Count”. Beberapa orang percaya tanggal itu adalah akhir dari dunia sebagaimana dikatakan dalam huruf…

View original post 98 more words